jump to navigation

kursus nyetir bagian 4

MBDC Tutorial
Menyetir mobil

4. Memberhentikan mobil

Oke, sekarang kamu kan sudah bisa jalanin mobil dengan benar, bikin jejak di aspal, terus belokin mobil di tikungan dengan benar, nah sekarang yang tinggal kamu perlu lakukan adalah belajar memberhentikan mobil ini atau parkir.

Untuk belajar, lebih baik ambil jalur di kanan, sehingga mobil kamu akan belok ke kiri, jadi badan kamu akan terbuang ke sebelah kanan. Hal ini bagus karena akan ditahan oleh pintu ( tapi kalau mobil kamu stir kiri, sebaliknya ).

Kita akan lihat sesuai gambar :

1. Mobil kamu sedang melaju kencang disebelah kanan, tangan kiri siap di rem tangan.

2. Lalu pada putaran mesin yang sudah tinggi, lepas kaki kamu dari pedal gas, lalu banting setir ke kiri.

3. Tarik rem tangan, sehingga mobil akan berputar sampai 180°. Kaki satunya siap di rem, untuk jaga-jaga apabila mobil melintir. Kaki satunya siap di kopling, jadi begitu mobil akan berhenti, harus diinjak koplingnya, supaya mesin gak mati.

4. Kalau kamu melakukannya dengan benar, maka mobil kamu akan berhenti dan posisi yang berubah 180° dari posisi awal ( terbalik ).


Posisi terakhir yang diharapkan setelah mobil berhenti.

Misalnya bingung kamu kaya gimana ? Coba kamu bisa lihat simulasinya di flash bawah ini :

Gampang kan ternyata menyetir mobil itu ? Makanya, sebenarnya kamu tidak perlu ikut les menyetir segala, cukup dengan membaca tutorial ini, kamu bisa menyetir mobil dengan baik dan benar, bahkan kamu jadi mempunyai keahlian khusus lainnya. Setelah kamu bisa semuanya yg ada di tutorial kali ini, siap-siaplah untuk tutorial mbdc berikutnya…..

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: